Saturday, 10 July 2010

Score vs Value

Ketemu lagi kita tementemen, semoga kabar tementemen selalu baik:)
Hem, pasti tementemen udah pada tahu tranlate dari kata 'score' dan 'value' kan? Score dan value sama-sama memiliki arti yang sama yaitu nilai. Namun, memiliki makna yang berbeda. Score diterjemahkan dengan nilai yang berkaitan dengan hasil belajar seseorang sedangkan value adalah nilai yang berkaitan dengan pemaknaan terhadap sesuatu. To the point ya..
Saat ini tuntutan keberhasilan studi dengan nilai tinggi menjadi tuntutan dunia pendidikan ya.. seperti Indonesia, jangan jauh-jauhlah seperti keadaan disekolah kita sekarang ini. Sekolah-sekolah menargetkan nilai yang tinggi untuk kelulusan siswanya ataupun kelulusan standar nilai disekolah. Memang benar, dengan adanya KKM-nilai standar sekolah yang tinggi selalu memacu kita untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik. Orang tua kadang meminta anak-anaknya mendapat nilai baik, that's sure! bahkan kalau bisa tertinggi di kelasnya. Masyarakat memberi penghargaan tinggi kepada siswa-siswa yang memeproleh nilai tinggi di sekolahnya. Hasilnya, para pelajar sekarang berjuang untuk berhasil mendapat nilai tertinggi. Well, is this good job, right? Namun kadang nilai tinggi tidak diikuti dengan pemeblajaran tentang hidup dari setiap mata pelajaran yang dipelajari. Dang nggak heran kalau banyak pelajar usia remaja stress karena tuntutan belajar. Selain itu mereka menjadi anak-anak yang berprestasi, tapi tidak mampu mengelola mentalis, etika, emosi, bahkan spritualitas mereka. Yah.. sepertiku, terkadang saat saya remedial disuatu pelajaran, saya akan merasa down merutuki hasil belajarku yang tak membuahkan hasil yang sesuai saya harapkan. Dan terkadang ini pulalah yang memicu diriku untuk selalu bersungut-sungut pada Tuhan ataupun menyesal. Saya harap penyesalan nggak selalu di akhir perjalanan. Prestasi belajar di sekolah tidak diikuti dengan pembelajaran hidup.
Oh iya, coba deh tementemen pada buka link ini film 'Pay it forward' : Trailer film--> http://www.youtube.com/watch?v=pCtXRP1edo Cuplikan film 1--> http://www.youtube.com/watch?v=tGcwG-2owow dan Cuplikan film 2--> http://www.youtube.com/watch?v=KVob7afYNTM
silakan mencoba hehe, semoga postingan ini bermanfaat buat tementemen bukan hanya kalian tapi saya juga hehe.
Terkadang apa yang kita harapkan, 
tak seperti apa yang engkau peroleh, 
namun ketahuilah Tuhan selalu memberikan yang terbaik  dan terindah untukmu, 
tepat pada waktunya.

Bersinarlah lilin-lilin kecil di tengah gelapnya dunia..

No comments: