Friday, 24 October 2008

SeBuaH HaraPaN..

Sebel.. Sebel.. banget. Pengen nangis. Tapi malu?? Pengen teriak. Ntar pita suaranya abis gi. Kalo mo ngamuk. Di sangka gila. Se..bel.. Kenapa sih?? Kenapa harus aku?? Kenapa, kenapa, dan kenapa?? Pagi-pagi, enak banget kalo ke sekolah. Hmmm.. Hirup udara segar yang bikin tubuh jadi semangat. Tapi yang ku rasakan saat ini, sangat berbeda. Pokoknya beda banget deh..! Gimana nggak mo beda?? Pagi sekitar jam 06.00. Ku udah di sekolah. Bete nggak sih!! Ngepel, ngurusin kelas, dan bersih-bersih. Kalo mo mengharapkan teman, mana mungkin. Di suruh nyapu ja. Banyak alasan.
Mungkin, tampak dari luar. Ku anaknya ceria dan nggak punya masalah. Tapi, seakan-akan ku tu perfect. Coba deh bayangin. Mana mungkin ada manusia yang perfect. Mangnya Tuhan??! I'm sorry God, please!!!

Aku pengen banget. Kelasku pada nyaman dan tentram. Emang sih, itu tak kan mungkin terjadi. Tapi, itu impianku semenjak ku naik ke kelas 9 SMP. Emang teman-teman sekelasku, nggak tau kalo ku punya beberapa masalah. Emang sih, bukan masalah besar ataupun masalah sepele. Tapi semua masalah itu membuat beban yang seolah-olah beban itu nggak akan pernah selesai.

Ya, beban. Begitu banyak beban yang harus ku hadapi. Aku harus kayak ginilah, gitulah. Up to me. Ya memang up to me. Begitulah hidup. Butuh pengorbanan dan perjuangan. Entah sampai kapan ku harus ku berkorban?? Berkorban demi siapa?? Oh.. my God..!

Waktu terus berganti. Berlalu begitu saja. Berputar. Bagaikan roda. Kadang di atas, kadang dibawah ataupun tetap. Hingga sampai kapan tetap bertahan. Begitulah hidup, penuh dengan rintangan. Sejenak tuk berpikir. Bagaimana cara tuk melewati semua rintangan itu.
Hari ini, di sekolah, ketika jam pelajaran ke-2, gurunya tidak masuk. Jadi kami diberikan tugas oleh guru piket.
"Anak-anak kerjakan Uji Kompetensi 2 bagian I dan II. Setelah bunyi bel istirahat, semua tugasnya dikumpul!!"
"Baik bu" serentak siswa kelas 9-2 menjawab.
Ketika gurunya pergi meninggalkan kelas. Keributanlah yang terjadi. Bagaikan pasar yang sedang ramai pengunjungnya. Begitu pula dengan suasana kelasku. Bagaikan diterpa badai. Sama halnya dengan suasana kelasku. Entah sampai kapan mereka akan begitu. Ku juga tak mengerti dengan mereka. Yang pasti, ku berharap, agar mereka berubah menjadi lebih baik. Walaupun itu semua hanya angan-anganku semata, tapi itulah harapan. Harapan yang mungkin terjadi. Ya... Harapan. Mungkin saja itu benar.
Tiba-tiba....
"Hayo... gi ngapain ni?? Jangan ngelamun neng, ntar kesambet gi!"
"Iya nggak ngelamun koq. Tapi nggak usah pake ngagetin donk. Ntar jantungan gi, mang mo nanggung jawab??"
"Tenang... Ntar dibawah kerumah sakit koq"
"Mang mo bayar?" dengan nada yang kurang meyakinkan, aku pun bertanya lagi.
"Siapa juga yang mo bayarin. Orang sakitnya kamu bukan aku"
"Iya deh, ngalah. bTw nggak usah banyak ngomong deh. Suara kamu tuh merusak pendengaran tau..!"
"Oke deh!!"
Itulah sifat teman sebangkuku. Anaknya cerewet pLus bawel gi. Namanya Wiwi. Kita da temenan dari kelas 8. Sekarang, aku harus sekelas lagi deh ma dia. Walaupun bawel, bawel gitu. Naknya baik koq truZ setia kawan pula. Tapi nggak selalu, loh..!!
Dikelas, kalo nggak da guru. Banyak banget kegiatan yang dilakukan teman-teman. Ada anak cowok yang tempat duduknya paling belakang, main gitar, dengan suaranya yang begitu keras, agak sedikit cempreng, dan pembawaannya yang nggak begitu jelas. Ada anak baru, namanya Junianty, hanya bersandar didinding, menatap teman-teman sekelas, dan terdiam membisu. Ada anak-anak cewek yang ngegosip. Entah apa yang mereka gosipin. Mungkin aja aku, aku kan artis. Da biasa gi digosipin. Ada anak cowok yang duduknya didepan dengan kekaleman, mereka sembari belajar. Anak cewek juga loh.! Ada yang tidur, mungkin ja karena saking berisiknya kelas. Jadi dia tidur. Ada yang ngelamun dan masih banyak gi kegiatan yang mereka lakukan.
Sedangkan aku dan teman sebangkuku, Wiwi, hanya duduk tenang, melihat tingkah laku teman-teman.
Setiap hari, selalu saja begitu. Ku juga bingung dengan tingkah laku mereka. Yang pasti, ku akan tetap berharap. Menunggu suatu perubahan sampai pada akhirnya mereka akan berubah. Semangat dan jalanilah hidup ini dengan tersenyum. Itulah kataku dalam hati setelah menunggu suatu harapan yang mungkin akan terjadi...

No comments: