Thursday, 18 November 2010

Pesta Sains Nasional 2010 (Part 1)

Terlalu banyak yang sulit saya ungkapkan mengenai PS ini. 
Balutan kasih yang telah menyelinap di relung hati (apa sih?)
C'mon, flashback in this memoriam for 4 years ago.

Kamis, 11 November 2010
Entah kenapa bagi saya, minggu-minggu kemaren itu terasa galau. Okay, mungkin saya terlalu lebeh, tapi mau gimana lagi, bagi saya ada sesuatu yang terasa janggal, entah dari bagaimana saya melewati kegiatan belajar di sekolah, les, di rumah, atau pun di gereja juga. Yang saya tahu, kalo saya sedang di tegur sama Tuhan. Nyatanya, saat saya belajar, saya terlalu agak bad mood, dan yang pastinya saya kurang tenang. Honestly, mungkin saya kecapean dengan tugas-tugas atau kegiatan-kegiatan sekolah dan gereja lainnya, tapi saya sadar, saya nggak boleh nyalahin segala sesuatu itu yang udah saya ambil. Intinya, kalo saya udah berani nerima tugas, well saya kudu lakuin itu semua dengan penuh tanggung jawab. Memang terlalu manis untuk di ucapkan, tapi sulit untuk di lakukan, terkadang tidak sinkron dengan apa yang kita niatkan. Dan saya harus perbaiki dan introgasi dengan apa yang udah saya lakuin selama ini, terlalu kudu rajin saat teduh di setiap pagi. 
Back to topic, kamis lalu, saya baru ngeh kalo hari itu harus ada registrasi ulang peserta olimp pesta sains IPB. Dan saat istirahat 1 di sekolah, saya sms ke kaka contact person buat olimp mate, kalo dimana tempat registrasi ulangnya dan batas jamnya. Pelajaran hari itu berjalan dengan baik, pas pelajaran Bahasa Indonesia, di umumin juga nilai siswa saat menjadi pembawa berita dan puji Tuhan, saya dapat nilai tertinggi di kelas padahal saya amatir banget pas bacanya, agak nervous sih, tapi kudu di bawa santailah, udah gitu naskah beritanya di kasih pas kita udah di panggil di depan kelas, yah mau ngimprov kata-kata, takut salah lafal, pokoknya thanks God! Mari kita lupakan sejenak tentang itu. Setelah itu, istirahat ke dua saya di panggil wali kelas yang sekaligus guru bahasa Indonesia yang sedang ada di ruang guru, dan *_____* (secret hehe).
Pulang sekolah jam 4an dan saya buru-buru naik angkot menuju IPB, oke saya naik angkot 3 kali dong, angkot 07 - 03 - 05 wes banyak kan? Bener deh, waktu itu udah dag-dig-dug nih mati bisa nyampe atau nggak sih saya nih di tempat registrasi itu dan yeah! Dengan kecepatan tinggi, akhirnya saya tiba di fak MIPA IPB jam 5an kuranglah dan saya di sambut sama kaka cowo pake kacamata yang lumayan cakep hehe, dan transaksi pun berlangsung. Besok saya kudu ngikutin technical meeting. Setelah itu, saya ke gereja mau pinjem buku mate ke ka Nia dan mau minta kas remaja ke Acha. Dan selama beberapa menit di sana, saya duduk-duduk doang di taman gereja sambil baca marmut merah jambu. Nggak mau masuk ke dalam gereja soalnya si Trianya lagi latihan piano, takut keganggu hehe. Baca... Baca... Eh, ka Nianya nyampe dong dengan buku seabrek banyaknya. Alamak... gimana saya ngerjain soal-soalnya kalo udah liat aja nih otak kudu mikir lamaaa banget haha. Ngobrol sambil nungguin Achanya, eh.. ternyata Achanya nggak bisa datang padahal dia udah janji dong, hu.. Nggak apa-apa deh, walopun rada kesel aja gitu, maksudnya bilang kek dari menit-menit sebelumnya biar saya tahu. Tapi, yoweslah. Dari gereja, saya menuju tempat les bahasa inggris saya yang mulainya jam 19.30, sebelumnya saya kudu ngisi perut dengan bakso. Dan belajarlah saya haha, dengan baju seragam batik SMAN 6 Bogor yang udah lusuh, tampang berminyak, rambut acak-acakan, belom mandi, mata sayu, deelel. Gilaaa, kasian banget ya saya hehe. Lupakan!

Jumat, 12 November 2010
Wuah... Saya nggak masuk sekolah, izin dulu dispen hehe soalnya mau techmeet di IPB dan mulainya jam 7. Untung aja, rumah saya deket dengan IPB tinggal naik angkot sekali dengan duit seceng haha. Pas nyampenya, wadug saya berasa kayak anak ilang gitu di kerumunan pelajar. Nggak temen, nggak ada yang saya tahu, sendiri deh, beuh.. Itu masa-masa sulit bagi saya yang kudu dilewatin. Akhirnya, dari pada bengong mau ngapain sekalian nunggu acara pembukaannya. Saya bersms ria-lah ketemen-temen minta doa. Pas udah jam 7 teng, saya kudu berbaris bersama temen-temen yang ikut olimp mate. Ya Tuhan! Nggak ada orang sama sekali yang saya kenal nih. Pas udah masuk di dalam GWW IPB, saya di kasih souvenir dan sejenisnya. Pas udah di dalem, saya ngmbil tempat duduk yang strategis, nggak lantai 2, ngaak di depan, dan nggak di belakang. Tapi di tengah, di deket karpet merah  yang membelah ruangan menjadi dua haha lebay. Techmeetnya, sumpah lama abis, sampe jam 4anlah, syukur aja di kasih snack plus makan siang dan syukurnya lagi, saya ketemu temen-temen OSN pas zaman SMP dulu. Puji Tuhan banget soalnya ada temen juga saya nih. Kenalan sama anak-anak SMA lainnya, ada anak SMAKBO, smansa bogor, penabur juga, dari manado, makasar, bali, pokoknya yang ngutin pesta sains ini ada sekitaran 1500an siswa se-Indonesia dengan di bagi sub-sub lomba sesuai departemen yang ada di fak MIPA IPB. Ada lomba matematika ria, kompetisi fisika, lomba cepat tepat biologi, chemistry challange, meteolologi interaktif, karya ilmiah populer, jajak pendapat statistika, dan programming competition. Dan menciutlah semangatku untuk mengerjakan soal-soal nanti. 


Akankah saya bisa melewati hari-hari yang hampir menyerap jiwa raga ini?
Apakah saya bisa menemukan potensi scientist?
Apakah saya bisa bersemangat dan menggenggam harapan yang telah di nanti?
Apakah saya bisa menemukan sesosok yang telah lama pergi dan bisa bertemu dengan-nya?
Ataukah saya hanya bisa menjadi seorang pengcut dengan nggak bisa ngapa-ngapain?

*To be continued

Nantikan kelanjutan kisah saya saat di IPB ini di postingan terbaru dan info web tentang lomba yang saya ikutin ini. 
Terima kasih telah membaca, semoga bermaanfaat dan GB :)



6 comments:

Mbah Dukun Bagong said...

wah aktifitas yang melelahkan ya?

dwi ernawati said...

trimaksih ya ade da berpartisipasi dalam acara PS 2010.. sukses selalu

Canty Gracella Lamandasa's blog said...

mbah dukun bagong : terima kasih teman udah mau berkunjung, jangan malu-malu buat berkunjung lagi yaa haha

Canty Gracella Lamandasa's blog said...

ka dwi : wah ka, terima kasih kembali sudah berkunjung di blog yang tak terurus ini hehe, kaka jadi salah satu panitiannya?

Cerita Hatiku said...

permisiiii hhhahhahah

Canty Gracella Lamandasa's blog said...

@ami : haha amiii thanks udah berkunjung apalagi sudi komen.